Tingkatkan Pengetahuan Dan Keterampilan Pengelola Kearsipan, Dinas Perpustakaan Kota Binjai Gelar Bimtek


BINJAITODAY.COM

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan pengelola kearsipan yang handal dan profesional,Dinas Perpustakaan Bidang Kearsipan Kota Binjai menggelar bimbingan Teknis (Bimtek) Kearsipan bagi OPD di lingkungan Pemerintah Kota Binjai. Kegiatan bertempat di Aula Kantor Camat Binjai Kota, Jalan R.A Kartini No.39A Kelurahan Kartini Kecamatan Binjai Kota.Kamis 25/11/2021.


Kegiatan tersebut di ikuti oleh 80 orang yang terdiri dari sekretaris OPD dan instansi terkait yang ada dikota Binjai.


Kegiatan Bimtek dibuka oleh, Plt  Kadis Perpustakan Ernawati SH.M.AP yang diwakili oleh Sekretaris Dinas perpustakaan Kurnia Aidil Putra,SE. Dalam sambutannya Kurnia menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para pengelola arsip dilingkungan pemerintahan dikota Binjai.





"Kita mengetahui bahwa rata rata arsip yang ada di semua OPD belum tertata dengan rapi dan baik,Saya berharap kita bisa menyamakan persepsi dalam hal pengelolaan arsip ini,maka dari itu, kepada seluruh peserta untuk menyerap ilmu yang akan disampaikan oleh narasumber dengan sebaik baiknya sebagai modal kita nantinya untuk mengelola arsip di OPD masing masing"Ujarnya.


Dirinya juga berharap selepas kegiatan ini seluruh  peserta dapat bekerja dengan penuh rasa cinta dan tanggung jawab untuk mewujudkan visi misi bapak walikota Binjai.


Sementara itu, Kabid Perpustakaan Bidang Kearsipan Kota Binjai yang juga menjadi narasumber pada kegiatan tersebut Cut Cinta Dewi S.pd M.Pd mengatakan bahwa keberadaan arsiparis dalam penyelenggaraan negara, khususnya dalam hal penyelenggaraan kearsipan merupakan “aset negara” yang paling menentukan terwujudnya tertib arsip negara, sebagaimana diamanahkan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan.


"Arsiparis yang dalam tupoksiya banyak bersentuhan dengan berkas dan dokumen negara, diharapkan dapat menjaga rahasia negara jika memang ada arsip yang tidak pantas untuk diketahui masyarakat luas. Selain berkas atau arsip,   dokumen dalam bentuk video dan publikasi lainnya  mesti diarsipkan. Jangan hanya bertumpu pada arsip dalam bentuk berkas semata", imbuhnya.


Kegiatan Bimtek tersebut menghadirkan 2 orang narasumber yaitu, Cut Cinta Dewi S.Pd.M.Pd, Dari Kabid Dinas Perpustakaan Bidang Kearsipan  serta Rudi Ahmad SE selaku Kepala Seksi Pembinaan dan Pengembangan Kearsipan (San).

Posting Komentar

0 Komentar