Kadis Pariwisata Kota Binjai Buka Festival Permainan Rakyat & Olahraga Tradisional Tingkat SD dan SMP


BINJAITODAY.COM 

Kepala Dinas Pariwisata Kota Binjai Ismail Ginting S.Pd, MAP, secara resmi membuka Festival Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Tingkat SD/SMP se Kota Binjai. Bertempat di Lapangan Merdeka Kota Binjai kegiatan berjalan sukses, Jum'at (25/03/2022) sekitar pukul 09.00 WIB.


Kegiatan yang mengusung tema "Membangun karakter anak melalui permainan dan olahraga tradisional" ini juga turut dihadiri oleh Ketua Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) Provinsi Sumatera Utara Agustin Sastrawan Harahap M.Pd, Ketua KPOTI kota Binjai Sri Ulina Ginting S.Pd, Perwakilan dari Dinas Pendidikan Kota Binjai, Perwakilan dari Dandim 0203/Langkat Kapten Inf. Edi Susanto, serta para Kepala Sekolah SD & SMP se Kota Binjai.


Kepala Dinas Pariwisata Kota Binjai dalam sambutannya mengatakan bahwa sangat mendukung kegiatan ini untuk melestarikan, mengaktualisasikan warisan budaya daerah, dan memperkenalkan bentuk dan nilai nilai etika dalam berbudaya, yang dipresentasikan lewat permainan tradisional.


"Kegiatan ini juga memberikan yang mendidik serta melatih jiwa sportifitas, khususnya bagi generasi muda. Pada saat ini banyak anak - anak yang rentan kecanduan game online dari gadget ketimbang permainan tradisional. Maka dari itu, saya berharap kepada seluruh orang tua agar mengajak anak anak kita mengenali permainan tradisional dan mengajarkannya, dikarenakan banyak manfaat yang bisa didapat, supaya bisa menghindari kondisi yang sangat mengkhawatirkan dari dampak anak anak yang kecanduan game online," ucapnya.


Kadis Pariwisata Kota Binjai juga berharap nantinya ada dari salah satu olahraga tradisional ini yang mendunia, sehingga ada pencapaian dari tradisi menjadi prestasi.



Ditempat yang sama Ketua KPOTI Kota Binjai Sri Ulina Ginting menyampaikan bahwa KPOTI kota Binjai aktif dalam memperkenalkan budaya dan olahraga tradisional di Kota Binjai. KPOTI kota Binjai juga kerap melaksanakan festival olahraga tradisional, sebab minat masyarakat kota Binjai cukup tinggi terhadap Olahraga ini.


"Terimakasih kepada bapak dan ibu Kepala Sekolah yang telah mendaftarkan anak didiknya untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Ia juga berharap, kegiatan yang dilaksanakan dengan konsisten ini juga dapat melestarikan budaya dan melatih karakter anak. Adapun Olahraga yang dipertandingkan dalam festival ini adalah Engrang, Terompah, dan Lari Balok," pungkas Sri Ulina Ginting.

(Rangkuti/Red)

Posting Komentar

0 Komentar