Gelar Rapat Pleno DPS, KPU Binjai Tetapkan 217.148 Pemilih

RAPAT PLENO : KPU Kota Binjai saat menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) tingkat Kota Binjai untuk Pemilu 2024, di Aula RM Punokawan, Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Limau Mungkur, Kecamatan Binjai Barat, Rabu (5/4/2023) 

BINJAILANGKATTODAY. COM/Binjai

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai, menggelar rapat pleno terbuka terkait rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) tingkat Kota Binjai pada Pemilu 2024, di Aula RM Punokawan, Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Limau Mungkur, Kecamatan Binjai Barat, Rabu (5/4/2023).

" KPU Kota Binjai menetapkan jumlah Daftar Pemilih Sementara Pemilu 2024 tingkat Kota Binjai berjumlah 217.148 orang pemilih," ujar Zulfan. 

Lebih lanjut dikatakan Zulfan, dari ratusan ribu orang tersebut, 106.345 orang merupakan pemilih laki-laki dan 110.803 orang, pemilih perempuan yang tersebar di Lima kecamatan dan 812 TPS di Kota Binjai.

"Dari data tersebut, KPU Kota Binjai juga menemukan pemilih yang tidak memenuhi syarat berjumlah 7.884 orang, dikarenakan sudah meninggal dunia, belum cukup umur, pindah domisili, hingga pergantian status," tegasnya.

Sedangkan jumlah pemilih baru, diakui Zulfan Effendi, berjumlah 5.867 orang. Pemilih potensial 2.603 pemilih, dan jumlah perbaikan data pemilih berjumlah 5.704 orang. 

" Data DPS tersebut ditetapkan setelah dilakukan proses pemutakhiran data pemilih oleh petugas pantarlih secara langsung ke rumah warga," tutup Zulfan.

Zulfan berharap masyarakat Kota Binjai ikut aktif berpartisipasi memastikan data DPS yang disampaikan tersebut benar dan akurat.

“ Kami meminta masyarakat Kota Binjai aktif berpartisipasi untuk memastikan data DPS yang telah disampaikan tersebut benar dan akurat. Hal ini penting untuk menjaga keabsahan dan kepercayaan dalam pelaksanaan pemilihan yang akan datang,” ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Binjai yang diwakili oleh Kaban Kesbangpol Drs. Ruslianto menyampaikan harapannya agar masyarakat Kota Binjai dapat aktif dan memantau jalannya pemilihan pada tahun 2024 nanti. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa pemilihan dilaksanakan dengan jujur, adil, dan demokratis.

“Saya berharap masyarakat Kota Binjai aktif memantau jalannya Pemilu 2024 nanti, hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa pemilihan dilaksanakan dengan jujur, adil, dan demokratis,” ujar Ruslianto

Ruslianto juga berharap melalui rapat pleno terbuka ini, seluruh pihak dapat bekerja sama dan bertanggung jawab untuk menyukseskan pelaksanaan pemilihan di tahun 2024.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kadis Catpil Kota Binjai diwakili Arfan Harahap, seluruh Komisioner KPU Kota Binjai, Ketua dan anggota Bawaslu Kota Binjai, ketua dan anggota PPK se-Kota Binjai, serta perwakilan Partai Politik peserta Pemilu 2024. (Rahmad Rizaldi) 

Posting Komentar

0 Komentar