Sambangi Kota Binjai, Ustad Abdul Somad Bedah Buku "37 Masalah Populer"

RIBUAN :  Ribuan umat muslim hadiri kegiatan " Wonderful Ramadan 2023" yang bertajuk Bedah Buku "37 Masalah Populer" bersama Ustad Abdul Somad (UAS), di Masjid Agung Binjai, Jalan Olahraga, Kelurahan Timbang Langkat, Kecamatan Binjai Timur, Senin (3/4/2023). 

BINJAILANGKATTODAY.COM/Binjai

Ribuan umat muslim menghadiri kegiatan " Wonderful Ramadan 2023 " yang digelar di Masjid Agung Binjai, Jalan Olahraga, Kelurahan Timbang Langkat, Kecamatan Binjai Timur, Senin (3/4). Kegiatan ini diisi dengan acara Bedah Buku yang berjudul "37 Masalah Populer" bersama Da'i kondang Al Ustadz Abdul Somad. 

" 37 Masalah Populer " merupakan buku yang ditulis oleh Ustaz Abdul Somad yang membahas 37 masalah yang populer di masyarakat. Seperti mazhab, adab, doa, serta amalan-amalan yang kerap menjadi pertanyaan di masyarakat. 

Turut hadir dalam kegiatan ini Wali Kota Binjai Drs H. Amir Hamzah MAP, Kapolres Binjai AKBP Hendrick Situmorang, Ketua DMI Kota Binjai dr. H. Darma Malem, Wakil Walikota Binjai H. Rizky Yunanda Sitepu beserta isteri, Kakan Kemenag Kota Binjai Drs. H. Saparuddin MA, Wakapolres Binjai Kompol Agung Basuni, Imam Masjid Raya Binjai sekaligus Ketua MUI Binjai Kota Ustadz Muhammad Hanzalah, Ketua Karang Taruna Kota Binjai M. Fariz Al Hafiz, Youtuber asal Binjai Arif Muhammad, serta sekitar 2000 orang jamaah dari Kota Binjai, Langkat, dan Kabupaten Deli Serdang. 

Ketua PD DMI Kota Binjai, dr. H. Darma Malem, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jamaah atas kehadirannya di Masjid Agung Binjai dalam rangka mengikuti acara Bedah Buku Ustadz Abdul Somad.

" Dalam kegiatan hari ini, panitia menyediakan 300 eksemplar Buku berjudul '37 Masalah Populer' karya Ustadz Prof. H. Abdul Somad Batubara, Lc., D.E.S.A., Ph.D, yang dapat dibeli oleh para jamaah," ungkap Darma Malem, seraya menghimbau kepada para jamaah, untuk lebih jelas dalam memahami buku tersebut, ia meminta untuk sama sama mengikuti penjelasan langsung dari Ustadz Abdul Somad.

Wali Kota Binjai Drs. H. Amir Hamzah MAP,  mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada panitia yang telah menyelenggarakan acara ini, dimana seluruhnya merupakan kaum muda Islam.

" Pemko Binjai sangat mendukung kegiatan kegiatan yang diselenggarakan oleh anak-anak muda," ungkap Wali Kota Binjai, seraya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ustadz Abdul Somad yang berkenan hadir di Kota Binjai.

Dalam tausiahnya, Ustadz Abdul Somad mengatakan, untuk masalah Bid'ah, ada orang yang mengatakan Maulid Nabi, Nuzulul Qur'an, dan lain lain. "Untuk itu, maka jawabannya ada di halaman 37, yang intinya bahwa Bid'ah terbagi dua, yaitu Bid'ah Dholalah yang berarti bertentangan dengan Sunnah, dan Bid'ah Hasanah yaitu sesuai dengan Sunnah," urai Ustadz yang akrab disapa UAS ini. 

Sedangkan masalah Jenggot, UAS mengatakan bahwa Jenggot itu sunnah, sedangkan mencukurnya itu makruh. "Perbuatan Sunnah adalah panjangkan jenggot dan mencukur kumis," tuturnya. 

Tidak hanya itu, Ustadz Abdul Somad juga menegaskan terkait masalah Mentalqinkan mayat. "Talqinkanlah orang yang sakaratul maut dengan ucapan Laa ilaaha illallah," bebernya. 

Sedangkan untuk masalah amalan orang hidup untuk orang yang sudah wafat. Ustadz Abdul Somad menegaskan bahwa banyak amalan yang dapat diperbuat oleh kita yang masih hidup ini untuk dihadiahkan kepada orang yang sudah wafat. " Misalnya ibadah haji, puasa, Qurban, dan sedekah," ujarnya. 

Disamping itu, Al Ustadz Abdul Somad juga mengupas masalah membacakan Al Qur'an untuk orang yang sudah wafat atau di sisi kubur.

"Untuk itu, buku berjudul 37 Masalah Populer yang saya tulis tidak lain bertujuan untuk menjaga persatuan dan kesatuan umat, agar tidak ada yang mudah menuduh saudaranya yang lain sesat. Buku ini bukan berisi apa kata saya, tetapi apa kata hadis dan para Imam Mazhab dalam Islam, yaitu Hanafi, Maliki, Syafi'i, dan Hambali," pungkas Abdul Somad. (BLT1) 

Posting Komentar

0 Komentar