Dinas Pertanian dan Ketapang Tinjau dan Apresiasi Peternakan Sapi Kurban Tabebuya Farmland di Kota Binjai

TINJAU : Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Ketapang) Kota Binjai Relasen Ginting (kiri) saat meninjau peternakan sapi kurban "Tabebuya Farmland", di Jalan Rukam, Kelurahan Bandar Senembah, Kecamatan Binjai Barat, Selasa (27/6/2023). 

BINJAILANGKATTIDAY.COM/Binjai

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Ketapang) Kota Binjai meninjau sejumlah peternakan hewan kurban di Kota Binjai, salahsatunya di Peternakan Sapi Kurban "Tabebuya Farmland", di Jalan Rukam, Kelurahan Bandar Senembah, Kecamatan Binjai Barat, Selasa (27/6/2023).  


Kadis Pertanian Relasen Ginting S.P, menyatakan bahwa ketersediaan hewan kurban di Kota Binjai untuk Hari Raya Idul Adha tahun 2023 ini sudah mencukupi. Bahkan sebagian hewan kurban juga banyak permintaan dari luar Kota Binjai.


" Menjelang hari raya kurban, sudah 10 lokasi peternakan yang kita datangi, sejauh ini tidak ada kendala rata-rata sapinya sehat-sehat semua," ungkapnya. 


Menurutnya, perkiraan jumlah hewan kurban yang akan disembelih pada tahun ini mengalami perubahan dibandingkan tahun sebelumnya, bahkan diprediksi berkurang mencapai 20 persen.


" Berdasarkan pengamatan kami dari beberapa panitia kurban di sejumlah Masjid terjadi penurunan jumlah hewan kurban hingga mencapai 20 persen. Hal itu kemungkinan disebabkan karena faktor ekonomi karena saat ini juga dibarengi dengan kebutuhan anak sekolah sehingga daya beli masyarakat untuk berkurban juga berkurang," ujar Relasen Ginting.


Disamping itu, Kadis Peternakan dan Ketapang Kota Binjai ini juga meapresiasi perawatan peternakan di Tabebuya Farmland. " Saya melihat peternakan sapi disini sangat bagus dan sehat, semuanya sudah layak untuk menjadi sapi kurban. Kandangnya bersih, perawatannya juga sangat baik, bahkan pakan disini juga sangat banyak sehingga makanan untuk ternaknya juga sudah pasti terjamin, " ungkap Relasen. 


Relasen juga berharap agar peternakan di Tabebuya Farmland ini tidak hanya menjual sapi kurban saja tapi dapat mengembangkan budidaya sapi tersebut sehingga dapat mendukung populasi sapi di Kota Binjai. 


" Nanti kalau ada program bantuan sapi dari pemerintah, kita akan prioritaskan bantuan sapi tersebut ke peternakan "Tabebuya Farmland", karena saya melihat peternakan sapi disini sudah sangat bagus, ucapnya. 

Posting Komentar

0 Komentar