Masuk Nominasi Kecamatan Terbaik Se-Sumut, Tim Penilai Dari Pemprovsu Kunjungi Kantor Camat Binjai Timur


BINJAILANGKATTODAY.COM/Binjai

Masuk nominasi Kecamatan Terbaik Se- Sumatera Utara, Tim Penilaian dan Pembinaan Kecamatan Terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2023 yang diketuai oleh Asisten Pemerintahan Kesejahteraan Rakyat (Aspem Kesra) Pemprovsu Drs. Basarin Yunus Tanjung M.Si, berkunjung ke Kantor Kecamatan Binjai Timur, yang beralamat di Jalan Bejomuna, Kelurahan Timbang Langkat, Kamis (14/9/2023). 

Kedatangan Drs. Basarin Yunus Tanjung beserta rombongan diterima oleh Sekretaris Daerah Pemko Binjai H. Irwansyah Nasution S.Sos, Camat Binjai Timur Ariandi Ayun S.STP MH, serta disambut dengan tarian selamat datang.

Kedatangan Aspem Kesra Pemprovsu tersebut guna melakukan Penilaian dan Pembinaan Kecamatan Terbaik Tingkat Provsu tahun 2023. 

"Ini merupakan Minggu pertama dalam melakukan penilaian dan pembinaan. Untuk Binjai Timur merupakan Kecamatan ketiga yang kami kunjungi," ungkap Basarin, seraya mengatakan, sebelumnya pihaknya sudah mengunjungi Kecamatan Medan Johor dan Kecamatan Pakam.

Kedatangan kami ke Kecamatan Binjai Timur, ujar Aspem Kesra Pemprovsu ini, guna memotret keadaannya dari berbagai unsur, baik dari unsur sosial, Kamtibmas, Kesehatan, Pendidikan, UMKM, serta unsur lainnya yang menjadi prioritas dalam penilaian. 

"Kami tentunya berharap nantinya semua bisa sampai pada akhir penilaian. Perlu diketahui, ketika nanti kami bertanya dan orangnya tidak ada, maka ini menjadi nilai minus. Mudah mudahan Kecamatan Binjai Timur dapat menjadi juara pertama dalam kompetisi ini," ucap Basarin yang langsung disambut tepuk tangan oleh seluruh hadirin.

Diakui Basarin Yunus Tanjung, penilaian dalam kompetisi ini sangat penting dan juga sebagai wadah pengaktualisasian bagi seorang pemimpin. 

"Dalam kompetisi ini, para pemenang akan diberi hadiah pembinaan dan InsyaAllah Bapak Gubernur nantinya yang akan menyerahkan secara langsung Tunggul terbaik bagi pemenang," bebernya. 

Sebagai Ketua Tim Penilaian dan Pembinaan Kecamatan Terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2023, Basarin juga berjanji akan menularkan keunggulan yang dimiliki oleh setiap Kecamatan ke Kecamatan lainnya yang ada di Provinsi Sumatera Utara. 

Diakhir ucapannya, Aspem Kesra Pemprovsu tersebut berharap Forkopimcam Binjai Timur untuk dapat memberikan saran buat masyarakat guna meakses program atau aplikasi dari Pemerintah. 

"Saya juga berharap kepada Unit Pengumpul Zakat (UPZ) untuk menyisihkan 30 persen dari jumlah zakat yang diperuntukkan bagi warga yang mengalami kemiskinan ekstrim," demikian harap Basarin Yunus Tanjung. 

Sementara itu, Walikota Binjai Drs. H. Amir Hamzah MAP, diwakili Sekdako H. Irwansyah Nasution, mengucapkan terima kasih atas kedatangan Tim Penilaian dan Pembinaan Kecamatan Terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2023 di Kecamatan Binjai Timur. 

"Kota Binjai terdiri dari 5 Kecamatan, dan salah satunya adalah Kecamatan Binjai Timur. Disini (Binjai Timur_red) banyak program yang sudah dilakukan dan sampai saat ini masih terus berjalan," ungkap Sekda Kota Binjai, sembari mengatakan bahwa Camat Binjai Timur merupakan Camat andalan di Pemko Binjai. 

Mewakili Walikota Binjai, Irwansyah Nasution tentunya berharap Kecamatan Binjai Timur dapat menyabet juara dalam kompetisi ini.

"Semoga penilaian ini dapat menghasilkan yang terbaik dan tentunya berharap jadi pemenang. Kalau pun tidak menang, biarlah ini menjadi pembelajaran buat kami untuk bisa berbenah lagi. Mudah mudahan kedepannya penilaian ini menjadi motivasi buat kita semua ," tutur Irwansyah Nasution. 

Ditempat yang sama, Camat Binjai Timur Ariandi Ayun S.STP MH, berkesempatan memaparkan program program yang ada dan juga fasilitas di Kecamatan yang dipimpinnya tersebut. 

"Untuk sarana dan prasarana seperti rumah ibadah, hanya Vihara yang tidak ada di Kecamatan Binjai Timur. Untuk fasilitas Kesehatan, kami juga menyiapkan mobil ambulance, bahkan Sepeda Motor juga kami siapkan untuk membantu warga yang membutuhkan pertolongan cepat. Begitu juga dengan pendidikan, mulai PAUD hingga Perguruan Tinggi juga ada di Kecamatan Binjai Timur," urai Ariandi Ayun. 

Sedangkan untuk teknologi, pria berkulit hitam manis itu juga menjelaskan jika pihaknya mempunyai beberapa aplikasi yang berguna untuk memudahkan masyarakat dalam hal pelayanan. 

"Fasilitas untuk lansia, ibu hamil maupun disabilitas serta anak anak, juga kami sediakan. Untuk pengurusan Kartu Identitas Anak (KIA) kami juga membantu pengurusannya ke Dinas Catatan Sipil. Tidak hanya itu, kami juga bersinergi dengan Koramil setempat untuk melakukan pembinaan kepegawaian Kecamatan sampai tingkat lingkungan berupa pendidikan mental dan disiplin. Tim syber sampah dan syber rumput juga saat ini sudah ada," urai Ariandi Ayun.

Satu satunya Bank Sampah Induk yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Binjai menurut Ariandi Ayun, juga berada di Kecamatan Binjai Timur. "Aplikasi e-musrenbang juga bisa diakses oleh masyarakat," beber Camat Binjai Timur. 

Kecamatan Binjai Timur diakui pria yang pernah menjabat sebagai Lurah Sumber Mulyo Rejo tersebut juga bersinergi dengan BAZNAS. "Sudah 10 unit rumah di Kecamatan Binjai Timur ditahun ini yang dibedah oleh Walikota Binjai melalui Baznas Binjai. Sedangkan dari BAZNAS Sumut sebanyak 12 unit rumah," urainya. 

Terkait penanganan Stunting, Kecamatan Binjai Timur juga berhasil menjadi juara pertama melalui Harganas tahun 2023. "Terkait stunting, Kecamatan Binjai Timur merupakan yang terkecil, hanya 3 orang. Kami juga memiliki pemuda pelopor yang berprestasi hingga tingkat nasional," kata Ariandi Ayun. 

Sedangkan untuk program unggulan, lanjutnya, Kecamatan Binjai Timur membuat program berupa kotak infaq. 

"Setiap kelurahan kami siapkan satu kotak infaq dan setiap bulan akan kami bongkar. Uang dari kotak infaq tersebut dipergunakan untuk memberi makan bagi para pemulung serta orang tidak mampu serta membelikan pakaian buat anak yatim," demikian tutup Ariandi Ayun, sembari berterima kasih kepada Tim Penilai yang hadir di Kantornya. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Forkopimcam Binjai Timur, BNN Binjai, para OPD dan Asisten Pemko Binjai, Ketua BAZNAS Binjai, Camat se-Kota Binjai, Lurah dan Kepling se-Binjai Timur, tokoh agama dan tokoh masyarakat, Ornas, FKDM Binjai, serta ratusan tamu undangan. (Blt1)

Posting Komentar

0 Komentar