Audit Stunting, Sekdako Binjai Sambangi Rumah Warga di Kecamatan Binjai Kota

BERI BANTUAN : Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Binjai Irwansyah Nasution memberikan bantuan sembako saat melakukan audit stunting di rumah warga di Kelurahan Setia, Kecamatan Binjai Kota, Rabu (18/10/2023). 


BINJAILANGKATTODAY.COM/Binjai

Asesmen lapangan terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Binjai sebagai upaya percepatan penurun stunting di Kota Binjai. Hal tersebut terlihat saat Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Binjai Irwansyah Nasution mengunjungi langsung kerumah-rumah warga yang menjadi sampel didampingi tim pakar dan tim teknis di beberapa Kelurahan di Kecamatan Binjai Kota, Rabu (18/10/2023). 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kadis PPKB Binjai Afwan, Kadis Kesehatan dr Sugianto, Kadis Ketapang dan Pertanian Ralasen Ginting, Kadis Sosial Binjai Amransyah, Camat Binjai Kota Musya Maruf Lubis, Kepala Puskesmas Binjai Kota dr Arlina M.Kes dan Wakapolsek Binjai Kota, Iptu Junaidi. 

Sekdako Binjai mengatakan bahwa asesmen yang dilaksanakan di beberapa Kelurahan di Kecamatan Binjai Kota ini difokuskan pada calon pengantin, ibu hamil, pasca nifas, dan balita stunting.

" Masalah percepatan penurunan stunting menjadi salah satu prioritas masalah yang harus dituntaskan di Kota Binjai. Sebagai bentuk komitmen Pemerintahan Kota Binjai dalam penurunan stunting, sudah dilaunching Inovasi Binjai Smoting yaitu “Semangat Menuju Zero Stunting” dengan implementasi Gerakan Bapak Asuh (BAAS) bagi anak stunting dan keluarga risiko stunting khususnya Ibu KEK (Kekurangan Energi Kronis) di Kota Binjai," ungkap Sekdako disela kunjungannya dirumah warga di Kelurahan Setia, Kecamatan Binjai Kota.

POTO BERSAMA : Sekdako Binjai Irwansyah Nasution sesi poto bersama usai melakukan audit stunting di Kelurahan Berngam Kecamatan Binjai Kota, Rabu (18/10/2022). 

Sekdako juga menjelaskan bahwa audit stunting ini bertujuan untuk memantau sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat yang kita kunjungi terkait dalam rangka mengentaskan permasalahan stunting di Kota Binjai. 

" Hal ini juga dilakukan dengan melibatkan pemerintah daerah, instansi terkait serta tim pakar audit kasus stunting dari dokter spesialis anak, spesialis kandungan, ahli gizi, pakar psikologi serta pendamping daerah technical assistant satgas stunting yang nantinya memberikan edukasi tata cara dan perbaikan terhadap penanganan stunting di Kota Binjai," ujar Sekdako. 

Sementara itu, Camat Binjai Kota Musya Maruf Lubis, mengatakan strategi percepatan penurunan stunting salah satunya adalah melaksanakan audit kasus stunting seperti yang dilakukan saat ini. Karena menurutnya, diperlukan untuk mencari penyebab terjadinya kasus stunting di tiap-tiap wilayah sebagai upaya pencegahan terjadinya kasus yang serupa. 

"Kami sangat berterima kasih atas kerja sama semua pihak sehingga terlaksana audit kasus stunting khususnya di Kecamatan Binjai Kota dan semoga harapan kita semua dapat tercapai dengan semangat menuju zero stunting" pungkasnya. 

Dalam kesempatan tersebut Sekdako Binjai juga menyerahkan bantuan sembako dan pemenuhan gizi kepada setiap warga yang dikunjungi. (Blt1) 

Posting Komentar

0 Komentar