Ketua PWI Binjai Ajak Generasi Muda Bijak Dalam Mencerna Informasi Dari Medsos

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Binjai, Arma Delisa Budi, A.Md., saat menjadi narasumber pada Pelatihan Jurnalistik Pelajar Menyambut Pilkada Serentak 2023, dalam acara yang berlangsung di Aula SMK Negeri 2 Kota Binjai, Jumat (10/11/2023).

BINJAILANGKATTODAY.COM/Binjai

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Binjai, Arma Delisa Budi, A.Md., meminta generasi muda agar lebih bijak dan cermat dalam mencerna berbagai informasi yang berkembang di tengah masyarakat, terutama dari media sosial.

Hal itu ditegaskannya, saat tampil menjadi narasumber pada Pelatihan Jurnalistik Pelajar Menyambut Pilkada Serentak 2023, dalam acara yang berlangsung di Aula SMK Negeri 2 Kota Binjai, Jumat (10/11/2023).

"Kenapa kita harus cermat? Sebab informasi di media sosial terkadang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya karena kerap diambil dari sumber yang tidak jelas," ungkap Reporter Harian Realitas. 

Dikatakan Budi, informasi yang disebarluaskan melalui media sosial belum tentu karya jurnalistik. Sehingga penting bagi masyarakat, khususnya wartawan, untuk melakukan penelusuran mendalam dan mengkonfirmasikan kebenaran suatu informasi kepada pihak-pihak yang berkompeten.

"Secara khusus saya mengapresiasi keinginan adik-adik pelajar yang bercita-cita menjadi wartawan. Tapi ingat, tugas wartawan itu tidak mudah. Sebab wartawan punya tanggungjawab besar untuk masyarakat. Bukan cuma memberitakan, wartawan juga dituntut memperhitungkan nilai manfaat dari berita yang dia buat," ujarnya.

Sebelumnya, saat membuka Pelatihan Jurnalistik Pelajar Menyambut Pilkada Serentak 2023, Kepala SMK Negeri 2 Kota Binjai, Rully Novar, S.Pd. M.Pd., menyebut, pelatihan jurnalistik adalah sarana efektif untuk membangun dan meningkatkan pemikiran kritis, kepekaan dan kemampuan analisis pelajar dalam menanggapi sebuah informasi.

"Jika ada di antara kalian yang nantinya menjadi wartawan, jadilah wartawan profesional yang menyampaikan informasi secara akurat, berimbang dan penuh kejujuran," pesannya, di hadapan 40 pelajar peserta pelatihan. 

Menurut Rully, pelatihan jurnalistik bagi para peserta didiknya merupakan kegiatan kedua yang terlaksana atas kerjasama SMK Negeri 2 Kota Binjai dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Binjai.

Melalui kegiatan ini dia berharap, seluruh pelajar dapat memahami metode kerja seorang wartawan, serta mampu mengimplementasikan pengetahuan yang didapat, terutama dalam mencari, mengelola, dan menyampaikan informasi dalam bentuk berita.

"Saya mohon kepada kalian semua untuk mengikuti kegiatan ini dengan baik. Tanyakan bagaimana cara kerja seorang wartawan dan bagaimana pula menyampaikan suatu informasi dengan benar," seru Rully.

Turut hadir sebagai narasumber, Wakil Ketua PWI Kota Binjai, yang juga Kontributor MNC TV Wilayah Kota Binjai, Muhammad Zainal Abidin Tanjung, dan Sekretaris PWI Kota Binjai, yang juga Reporter Harian Analisa Wilayah Kota Binjai, Wardika Aryandi. (Blt1) 

Posting Komentar

0 Komentar