Awasi Proses Perekrutan KPPS, Bawaslu Binjai Monitoring ke Kelurahan

MONITORING : Ketua Bawaslu Binjai Muhammad Yusuf Habibi S,Sos, (ketiga dari kanan) melakukan monitoring proses perekrutan KPPS di Kantor Lurah Setia, Kecamatan Binjai Kota, Senin (18/12/2023). 

BINJAILANGKATTODAY.COM/BINJAI

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Binjai melakukan monitoring pengawasan pelaksanaan perekrutan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2024 yang dilakukan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat Kelurahan se-Kota Binjai. 

Ketua Bawaslu Binjai Muhammad Yusuf Habibi S,Sos, didampingi Panwascam Binjai Kota mengatakan, monitoring ini bertujuan memastikan perekrutan petugas KPPS yang dilakukan oleh PPS dapat berjalan dengan baik dan sesuai prosedur yang telah ditetapkan. 

" Kita ingin memastikan bahwa pendaftaran calon anggota KPPS itu sudah dilakukan oleh PPS sesuai regulasi dan ketentuan, mulai dari menempel jadwal pengumuman dan persyaratan KPPS serta menerima berkas para pelamar dan lain sebagainya," ujar Muhammad Yusuf Habibi disela-sela kegiatan pengawasan di Kantor Lurah Setia, Kecamatan Binjai Kota, Senin (18/12). 

Yusuf menjelaskan, pengawasan dilakukan dikarenakan peran penting petugas KPPS pada pemungutan suara nanti. "Peran sentral petugas KPPS ini sangat diperlukan, agar proses pemilihan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) nanti bisa berjalan sesuai prosedur, mereka ini juga dituntut untuk netral dan sumber daya manusianya juga memadai, " jelasnya. 

Ketua Bawaslu Binjai yang juga Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Data Informasi (SDMO dan Datin) ini meminta seluruh pengawas pemilu tingkat kecamatan hingga kelurahan, untuk mengawasi rekrutmen anggota KPPS dengan cermat. 

" Rekrutmen anggota KPPS harus diawasi secara melekat, karena sebagai ujung tombak pelaksanaan pemilu serentak 2024 mendatang, " pungkasnya. 

Diketahui, proses rekrutmen KPPS dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum melalui PPS dimulai tanggal 11 hingga 20 Desember 2023. 

Adapun kebutuhan anggota KPPS untuk Pemilu 2024 di Kota Binjai sebanyak 5.684 orang yang akan disebar di 812 TPS . Masing-masing petugas KPPS di TPS sebanyak 7 orang. (Blt1) 

Posting Komentar

0 Komentar