Helly Herlinda : Sekretariat Bawaslu Sebagai Supporting Sistem Untuk Menunjang Kerja Pengawasan

FOTO : Kordinator Sekretariat Bawaslu Binjai, Helly Herlinda. 

BINJAILANGKATTODAY.COM/BINJAI

Dukungan sekretariat di jajaran Bawaslu, baik itu dari Bawaslu RI, Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kabupaten/Kota maupun Panwaslu Kecamatan sangat diperlukan dalam menunjang kinerja Pengawasan dalam mengawal dan mensukseskan Pemilu 2024. Hal tersebut disampaikan Kordinator Sekretariat Bawaslu Binjai Helly Herlinda, saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Senin (11/12/2023). 

Menurut Helly, suksesnya pengawasan Pemilu ini tidak hanya dari segi penyelenggaraan Pengawasan disetiap tahapan melainkan juga pada proses administrasi keuangan. 

" Kelancaran kerja-kerja pengawasan Pemilu Tahun 2024 tidak terlepas dari dukungan kesekretariatan. Karena, sekretariat adalah supporting sistem dalam kerja pengawasan. Meski bukan sebagai pengambil kebijakan, sekretariat berkewajiban memberikan dukungan administrasi, dukungan teknis termasuk operasional kepada komisioner," ungkapnya. 

Wanita berhijab ini juga menjelaskan, sebagaimana amanat Perbawaslu Nomor 1 Tahun 2021 Pasal 92 bahwa Sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota mempunyai tugas melaksanakan pemberian dukungan administrasi dan teknis operasional kepada Bawaslu Kabupaten/Kota serta koordinasi dengan pemerintah daerah dan instansi terkait.

" Maka dari itu, jajaran sekretariat baik itu dari dari sekretariat Bawaslu Binjai maupun di Kecamatan harus terus bersinergi dan solid serta melakukan konsolidasi untuk menguasai hal-hal teknis dan menjalankan tugas sesuai tupoksi masing-masing," ucapnya.

Ia juga menegaskan, pengelolaan keuangan telah diatur di berbagai peraturan perundang-undangan dan secara teknis juga diatur di pedoman pengelolaan keuangan Bawaslu.

"Kita butuh penyeragaman pelaksanaan pengelolaan keuangan di lingkungan Bawaslu secara berjenjang. Pengelolaan keuangan ini mengedepankan prinsil akurat, tertib, efisien, efektif, objektif, berkualitas, serta akuntabel," terangnya.

Terpisah, Kepala sekeretariat Bawaslu Sumut Feri Mulia Siagian menyebutkan bahwa pihaknya tidak akan pernah absen dalam tugas-tugas pengawasan dimana peran fungsinya pada supporting para pimpinan dalam menjalankan tugas. Untuk itu, dirinya akan mengambil sikap tegas bila jajaran sekretariat abai dalam melaksanakan tugas dukungan.

Feri juga menjelaskan bahwa Pengawasan Pemilu juga dapat berjalan dengan sukses karena adanya dukungan anggaran, maka kewajiban sekretariat dalam mengelola anggaran harus sesuai dengan peruntukannya dalam mengoptimalisasikan kerja pengawasan.

" Dukungan ke pengawasan harus diutamakan. Namun, kejelian dan ketelitian diperlukan dalam pengelolaan anggaran," ujarnya. 

Ia berharap komisioner dan kesekretariatan Bawaslu baik itu di Kabupaten/Kota maupun di Kecamatan harus mampu bekerja secara profesional dalam menjalankan tugas dan wewenangnya serta tetap solid. (BLT1) 

Posting Komentar

0 Komentar