Dibarengi Penanaman Pohon, 5.684 Petugas KPPS di Binjai Resmi Dilantik


BINJAILANGKATTODAY.COM/BINJAI

Komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) resmi melantik secara serentak sebanyak 5.684 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kota Binjai, Kamis (25/1/2024). Pelantikan tersebut dilaksanakan di setiap Kantor Lurah se-Kota Binjai di masing-masing Kelurahan. 

Anggota KPU Binjai Arie Nurwanto SH, MH, mengatakan setelah proses pelantikan, PPS juga melakukan penanaman bibit pohon oleh seluruh anggota KPPS di wilayah masing-masing. 

 " Kegiatan menanam pohon ini bertujuan untuk melestarikan lingkungan dan ini semua digelar serentak diseluruh Indonesia. Selanjutnya akan diadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada seluruh anggota KPPS, terkait teknis-teknis proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS nantinya, " ujarnya

Menurut Arie yang juga Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Humas dan Partisipasi Masyarakat ini, kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan profesionalisme, akuntabilitas, integritas serta transparansi penyelenggaraan Pemilu 2024.

" Salah satu tugas dan fungsi KPPS, yaitu mengumumkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Calon Tetap (DCT) serta melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di TPS (Tempat Pemungutan Suara), " ujarnya. 

Arie yang juga mantan Ketua Bawaslu Binjai ini juga berpesan agar anggota KPPS dalam bekerja berpedoman kepada ketentuan perundang-undangan, kode etik penyelenggara pemilu, bekerja secara profesional, berintegritas dan penuh rasa tanggung jawab. 

" KPPS adalah garda terdepan untuk menyelenggarakan Pemilu tahun ini secara aman dan damai. Tugas KPPS ini sangat berat, maka itu jaga koordinasi antara KPU, PPK, PPS agar tidak ada kesalahan dalam pelaksanaan nanti," pungkasnya. (Blt1) 

Posting Komentar

0 Komentar