Panwascam Binjai Kota Lantik Pengawas TPS dan Beri Pembekalan

POTO BERSAMA : Jajaran Panwascam Binjai Kota sesi poto bersama usai pelantikan Pengawas TPS Se Kecamatan Binjai Kota, di Cafe IGA-IGA, di Jalan Sultan Hasanuddin, Kecamatan Binjai Kota, Senin 22/1/2024.

BINJAILANGKATTODAY.COM/BINJAI

Dalam rangka menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Binjai Kota, Kota Binjai, melaksanakan pelantikan dan pembekalan terhadap 97 anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Se-Kecamatan Binjai Kota, Senin (22/1) pagi. 


Kegiatan yang digelar di Cafe IGA-IGA, Jalan Sultan Hasanuddin, Kelurahan Satria, Kecamatan Binjai Kota, tampak dihadiri oleh Komisioner Bawaslu Kota Binjai Julkifli, ketua Panwascam Binjai Kota Muhammad Irsan beserta anggota Riswardi dan Irwan Surbakti, Kasek Panwascam Binjai Kota Holyda Marpaung, Wakapolsek Binjai Kota AKP Junaidi, Sekretaris Camat Binjai Kota Abdi Taruna Satria, Perwakilan Danramil 01 Binjai Kota Rusyanto, ketua PPK Binjai Kota M Ridwan Lubis, Seluruh Panwaslu Kelurahan se-Kecamatan Binjai Kota dan 97 Pengawas TPS se-Kecamatan Binjai Kota. 

Komisioner Bawaslu Binjai Julkifli, mengucapkan selamat kepada Pengawas TPS se-kecamatan Binjai Kota yang baru dilantik. Dirinya juga menegaskan agar Pengawas TPS terus melakukan koordinasi kepada Panwaslu Kecamatan melalui Panwaslu Kelurahan terkait tugas-tugas pengawasan. 

"Diharapkan Pengawas TPS dapat bekerja dengan sebaik-baiknya sesuai aturan perundang-undangan, baik itu undang-undang 7 tahun 2017 dan Peraturan KPU nomor 25 thun 2023 tentang pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu 2024," ujarnya. 

Sementara itu, Ketua Panwascam Binjai Kota Muhammad Irsan, usai melantik pengawas TPS menjelaskan bahwa ada 97 pengawas TPS yang dilantik dan akan ditugaskan untuk mengawasi proses demokrasi di se-Kecamatan Binjai Kota. 

"Pengawas TPS memiliki peran penting dan ujung tombak dalam mengawasi persiapan pemungutan dan penghitungan suara guna memastikan pelaksanaan Pemilu berjalan jujur, adil, dan berkualitas," ungkap Irsan. 

Ia juga berharap agar amanah yang diberikan dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, dan seluruh anggota pengawas TPS dapat bekerja dengan baik sesuai peraturan perundang-undangan serta berkoordinasi dengan jajaran setingkatnya. 

"Keberadaan pengawas TPS diharapkan dapat menjadi kekuatan baru bagi Pengawas Pemilu untuk memaksimalkan pengawasan tahapan pemungutan dan penghitungan suara yang rawan terjadi pelanggaran," pungkasnya. 

Selain melantik pengawas TPS, Panwascam Binjai Kota juga memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait regulasi dan tugas-tugas pengawas TPS dalam melakukan Pengawasan pada persiapan dan proses pemungutan serta penghitungan suara nantinya. (Bulok)

Posting Komentar

0 Komentar