Hari Terakhir Pendaftaran Pantarlih Untuk Pilkada 2024, Panwascam Dan PPK Binjai Kota Lakukan Monitoring


Binjai, SUMUT | binjailangkattoday.com,-

Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Binjai Kota melakukan pengawasan tahapan (Monitoring) terhadap proses perekrutan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih), dengan melakukan kunjungan ke Sekretariat Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kecamatan Binjai Kota, Rabu (19/6/2024).

Koordinator Divisi Penanganan, Pelanggaran, dan Penyelesaian Sengketa (PPPS) Panwascam Binjai Kota Riswardi mengatakan, monitoring ini dilakukan untuk memastikan perekrutan Pantarlih sesuai dengan regulasi. "Monitoring dan pengawasan ini guna memastikan data jumlah TPS, jumlah pendaftar dan jumlah Pantarlih yang dibutuhkan tiap TPS di masing-masing Kelurahan untuk Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024," ujarnya. 

Riswardi menjelaskan, pembentukan Pantarlih dilaksanakan secara terbuka dengan memperhatikan kompetensi, kapasitas, integritas, dan kemandirian calon Pantarlih. Selain itu harus dilaksanakan sesuai jadwal yang ditentukan. "Kami memastikan PPS dalam melakukan pembentukan Pantarlih, apakah dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang ditentukan, dan atau memastikan persyaratan apa saja untuk menjadi Pantarlih," imbuhnya.

Hal senada disampaikan Ketua PPK Binjai Kota Yurike Dwianda, saat mendampingi Panwascam di kantor Sekretariat PPS Kelurahan Pekan Binjai mengatakan, kegiatan hari ini adalah monitoring di hari terakhir pendaftaran Pantarlih di Kecamatan Binjai Kota. Hal ini guna memastikan pendaftaran calon Pantarlih berjalan lancar. "Alhamdulillah, sejauh ini perekrutan Pantarlih di Kecamatan Binjai Kota belum ada kendala," ujarnya. 

Yurike menjelaskan, anggota Pantarlih yang lolos seleksi akan dilantik pada 24 Juni 2024, dengan masa kerja selama satu bulan sampai dengan 25 Juli 2024. "Dihari terakhir ini, calon Pantarlih dapat mendaftar di sekretariat PPS disetiap Kelurahannya masing-masing, dan ditunggu sampai dengan pukul 23.59 WIB," pungkasnya. 

( Rangkuti-Red )

Posting Komentar

0 Komentar