KPU Binjai Laksanakan Bimtek Pertama PPS


Binjai, Sumatera Utara | binjailangkattoday.com,-

Setelah terpilih dari serangkaian seleksi ketat, Panitia Pemungutan Suara (PPS) badan adhoc Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai, mulai menjalani pelatihan agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Salah satunya, seperti bimbingan teknis (Bimtek) perdana yang berlangsung di Pondok Punokawan, Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Limau Mungkur, Kecamatan Binjai Barat, Senin 3 Juni 2024, pukul 09.00 WIB s/d selesai.


Adapun bimtek diikuti oleh 111 peserta, Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Binjai. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua KPU kota Binjai Anton Indratno SAg, Komisioner KPU divisi Perencanaan dan Data Ahmad Amri Siregar SPdI, Komisioner KPU divisi Hukum dan Pengawasan Arifin Saleh SH, MH, Komisioner KPU divisi Teknis Hendri Nauli Rambe SHI, MH, dan Komisioner KPU divisi SDM dan Parmas Ari Nurwanto SH, MH. "Tujuan Bimtek ini, agar badan adhoc dapat menjalankan tugas sesuai regulasi," ujar Ketua KPU Kota Binjai, Anton Indratno.

Menurut Anton, materi bimtek yang diberikan antara lain terkait kepemiluan atau Pilkada, sikap, tugas dan wewenang, netralitas, dan integritas. "Bimbingan teknis ini perlu dilakukan, mengingat anggota PPS yang baru dilantik ini sebagian besar adalah orang baru terpilih, dimana nantinya agar lebih memahami tata kerja dalam menghadapi Pilkada 2024.

Kita harapkan PPS ini benar-benar menjadi petugas yang baik, proaktif di dalam melaksanakan setiap tahapan. Termasuk melakukan sosialisasi ke masyarakat dan berkoordinasi dengan stakeholder sehingga tercipta hubungan yang baik dalam pilkada," jelasnya. 

Anton berharap, PPS sebagai perpanjangan tangan KPU di tingkat Kelurahan, dalam mengikuti Bimtek agar benar-benar memahami semua pelaksanan tahapan agar tidak lari dari regulasi yang ada. "PPS itu bekerja sesuai dengan regulasi, sesuai dengan perintah, maka agar tidak menyalahi regulasi, nantinya para Komisioner akan memberikan materi kepada PPS bagaimana tata kerja  itu," pungkasnya.


Ditempat yang sama Komisioner KPU divisi Teknis Hendri Nauli Rambe SHI, MH menyampaikan agar PPS berperan aktif dalam mensosialisasikan tahapan Pilkada kepada masyarakat. Selain itu, juga mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilih sehingga tidak golput pada hari H pemungutan suara, yakni 27 November 2024 mendatang.

"Dengan Bimtek ini KPU Binjai berharap agar Pilkada nanti menjadi Pilkada yang berintegritas, yaitu penyelenggara yang menjalankan proses (tahapan) dilaksanakan dengan baik, profesional dan Transparan sehingga hasilnya legitimed (diakui) oleh Masyarakat kota Binjai," sebutnya. (Rangkuti)

Posting Komentar

0 Komentar