KPU Kukuhkan Sekretariat PPK Dan PPS Se-Kota Binjai


Binjai, SUMUT | binjailangkattoday.com,-

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Binjai melaksanakan Pengukuhan Sekretariat PPK dan PPS se-kota Binjai. Badan Sekretariat yang dibentuk bertujuan membantu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota tahun 2024. Anggota sekretariat PPK dan PPS yang dilantik masing-masing berjumlah 3 orang, yang berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non-ASN yang bekerja di lingkungan kantor Kecamatan/Kelurahan. Bertempat di Aula Kantor Kemenag Kota Binjai, jalan Jendral Gatot Subroto, Kelurahan Limau Mungkur, Kecamatan Binjai Barat, Kamis (13/06/2024), acara berlangsung khidmat dan tertib.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Walikota Binjai yang diwakili Kaban Kesbangpol Binjai Drs. Ruslianto M.Pd, Ketua KPU Binjai Anton Indratno S.Ag, Komisioner KPU Binjai Arie Nurwanto S.H, M.H, Ahmad Amri Siregar S.Pd.I, Arifin Saleh S.H, M.H, Hendri Nauli Rambe S.H.I, M.H, Sekretaris KPU Binjai Syaiful Azhar S.Sos, M.I.P, Insan Pers, Camat dan Lurah se-Kota Binjai, para Staf KPU dan Tamu Undangan.


Komisioner KPU divisi SDM dan Parmas Arie Nurwanto S.H,M.H mengatakan Sebagai badan yang membantu PPK dan PPS dalam pelaksanaan Pemilu 2024, Sekretariat PPK dan PPS memiliki tugas dan kewajibannya. Berdasarkan Pasal 71 PKPU No. 8 Tahun 2022, berikut ini tugas dan wewenang sekretariat PPK dan PPS.

"Tugas Sekretariat PPS Pemilu 2024 adalah Memberikan dukungan fasilitasi tahapan penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan di tingkat Kecamatan dan kelurahan yang telah ditetapkan oleh KPU, Memberikan dukungan fasilitasi administrasi dan dokumentasi tahapan penyelenggaraan yang dilaksanakan oleh PPK dan PPS, Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh KPU, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, PPK, dan PPS sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, Melaksanakan tugas lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," ucapnya.


Sementara itu Kewajiban Sekretariat PPK dan PPS adalah :

1. Membantu urusan tata usaha PPK dan PPS.

2. Membantu persiapan dan fasilitasi rapat.

3. Membantu administrasi pembiayaan, pertanggungjawaban keuangan, dan menyimpan bukti kas pembiayaan Pemilu dan Pemilihan.

4. Membantu pencatatan laporan dari Panwaslu Kecamatan, PKD, peserta Pemilu dan Pemilihan, serta Pemilih.

5. Memberikan saran kepada PPK dan PPS.

"Menurut Pasal 74 PKPU No. 8 Tahun 2022, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi sekretariat PPK dan PPS. Berikut ini syarat-syarat sekretariat PPS Pemilu 2024 :

1. Tidak sedang dijatuhi sanksi disiplin pegawai

2. Independen dan tidak berpihak

3. Sehat jasmani dan rohani.

Pembentukan sekretariat PPK dan PPS dilakukan setelah pengangkatan PPK dan PPS Pemilu 2024. Hal ini terhitung sejak pengambilan sumpah/janji, sampai paling lambat 7 hari setelah pengambilan sumpah/janji tersebut," Ungkap Arie.


Ditempat yang sama Ketua KPU Binjai Anton Indratno S.Ag, dalam sambutannya mengatakan selain melaksanakan pengukuhan Sekretariat PPK dan PPS se-kota Binjai untuk Pilkada tahun 2024, Kegiatan tersebut juga di isi dengan pelantikan calon pengganti anggota PPS Kelurahan Bhakti Karya, Kecamatan Binjai Selatan. "Ada 15 orang Sekretariat PPK, dan 111 orang Sekretariat PPS yang dikukuhkan. Selamat kepada para Sekretariat yang sudah dikukuhkan, semoga dapat bekerjasama dengan para PPK dan PPS, dan mari kita Sukseskan Pilgub dan Pilkada tahun 2024," tegas Anton.


Walikota Binjai Drs.H.Amir Hamzah M.A.P yang diwakili Kaban Kesbangpol Kota Binjai Drs. Ruslianto, M.Pd, mengharapkan kerjasama para sekretariat PPK dan PPS agar penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 dikota Binjai terlaksana dengan baik, aman dan lancar. "Saya berharap agar nantinya Sekretariat PPK dan PPS dapat melaksanakan seluruh tahapan Pemilu sesuai dengan aturan yang berlaku dengan tetap menjunjung tinggi netralitas, integritas, dan independensi penyelenggaraan," sebutnya.


Selain itu Kaban Kesbangpol Kota Binjai berpesan kepada Sekretariat PPK dan Sekretariat PPS yang baru dilantik, agar dapat bekerja dengan nyata. "Lakukan tupoksi saudara secara profesional, agar Pilkada dapat berjalan sebagaimana mestinya, yaitu LuberJurdil dan Lancar," pungkasnya. 

( Rangkuti )

Posting Komentar

0 Komentar