Tingkatkan Peran Humas Dengan Program P4GN, Awak Media Dukung 'Kampung Binjai Kota Bersinar'


Binjai, Sumatera Utara| binjailangkattoday.com,-

Dalam rangka mendukung dan meningkatkan peran Hubungan Masyarakat (Humas) dalam mensosialisasikan pelaksanaan program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Binjai mengundang beberapa wartawan untuk menjadi narasumber dalam upaya mensosialisasikan program P4GN. Kegiatan yang diikuti oleh beberapa Wartawan dan Pegawai BNNK Kota Binjai ini digelar di Aula Kantor BNNK Binjai, yang beralamat di Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Limau Mungkur, Kecamatan Binjai Barat, Rabu (5/6/2024). 


Salah satu wartawan yang menjadi narasumber kegiatan tersebut yakni Muhammad Irsan dari media Harian Sinar Indonesia Baru (SIB) mengatakan, semua program pencegahan yang di lakukan pihak BNNK Binjai, baik itu melakukan sosialisasi, penyuluhan, kampanye bahkan publikasi tidak terlepas dari peran tim publikasi baik bidang Humas internal maupun peran Wartawan.

"Kegiatan-kegiatan tersebut di publikasi agar masyarakat lainnya juga mendapatkan informasi mengenai pemahaman narkoba serta segala dampak buruknya. Dengan media, siapapun bisa mendapatkan informasi, termasuk informasi kegiatan BNN dalam progam P4GN," ujar Irsan. 

Menurutnya, publikasi itu wajib dilaksanakan sebagai bentuk komitmen BNN Kota Binjai dalam upaya menekan angka penyalahgunaan narkoba, agar informasi tersebut sampai ke semua kalangan masyarakat.

Irsan juga menambahkan, siaran pers atau berita yang disampaikan tentunya akan lebih baik memenuhi kaidah-kaidah Jurnalistik seperti mencantumkan unsur berita 5W 1H, seperti what (apa), who (siapa), where (di mana), when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana).

"Selain itu, strategi penulisan dan "caption" judul berita di media sosial humas BNNK Binjai terkait program atau kegiatan yang dilakukan juga sangat berperan penting agar informasi tersebut mempunyai daya tarik tersendiri agar seluruh kalangan masyarakat mudah memahami dan tertarik untuk membacanya, serta menonton dalam bentuk video," ujarnya. 


Sementara itu ditempat yang sama, Kepala BNNK Binjai Ucok Derry Sembiring MH, sangat mengapresiasi saran dan peran Wartawan selama ini dalam rangka mensosialisasikan program P4GN yang dilaksanakan BNNK Kota Binjai. 

"Kami dari BNNK Kota Binjai bersama rekan-rekan media berharap melakukan kolaborasi dengan seluruh stakeholder, tidak hanya dengan Pemerintah saja tapi dengan masyarakat dalam hal penanganan P4GN. Karena ini merupakan tanggung jawab kita bersama sehingga nanti informasi-informasi dari media tadi dapat tersampaikan kepada masyarakat, agar masyarakat juga paham dan mengerti terkait apa itu P4GN pencegahan yang dilakukan di Kota Binjai," bebernya. 

Pada kesempatan itu, Kepala BNNK Binjai juga menjelaskan dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan inovasi terkait salah satu program P4GN yang akan dilaksanakan di Kota Binjai. 

"Dalam waktu dekat kami akan membuat program "Kampung Binjai Kota Bersinar". Dimana seluruh kepala lingkungan (kepling) di Kota Binjai akan menjadi relawan atau Satgas di setiap kampungnya, seluruh aspek stakeholder pun diikutsertakan dalam penanganan P4GN, terutama dalam bidang pencegahan," pungkasnya. (Rangkuti)

Posting Komentar

0 Komentar