Hadiri Hari Bhakti Adhiyaksa Ke-64, Darma Putra Rangkuti Ucapkan Selamat Dan Uraikan Sejarah


BINJAI, SUMUT | BINJAILANGKATTODAY.COM

Anggota DPRD terpilih Darma Putra Rangkuti S.Hut, MSi, yang juga merupakan Ketua MKGR Sumatera Utara, menghadiri acara syukuran Hari Bhakti Adhiyaksa ke-64 di Kota Binjai. Acara tersebut berlangsung di Kantor Kejaksaan Negeri Binjai, jalan T. Amir Hamzah, Kelurahan Jati Makmur, Kecamatan Binjai Utara, Senin (22/07/2024) siang.


Hari Bhakti Adhyaksa adalah sebutan lain untuk memperingati hari ulang tahun atau HUT Kejaksaan Republik Indonesia yang diperingati pada tanggal 22 Juli setiap tahunnya. Informasi ini disampaikan oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Binjai, H. Jupri S.H., M.H.,


Dalam sambutannya, dirinya mengatakan Hari Bhakti Adhyaksa ke-64 tahun 2024 mengusung tema 'Akselerasi Kejaksaan Untuk Mewujudkan Penegakan Hukum Modern Menuju Indonesia Emas,' dan menyampaikan terima kasih kepada seluruh undangan yang telah hadir. Dirinya pun menjelaskan bahwa peringatan Hari Bhakti Adhiyaksa merupakan sarana untuk mengevaluasi dan introspeksi terhadap pelaksanaan tugas, fungsi dan wewenang dalam menciptakan kualitas manusia yang unggul. "Kami selalu berupaya untuk terus memaksimalkan diri dalam menjalankan tugas dan menjadi Mitra Pemerintah Kota Binjai demi mendukung terwujudnya visi dan misi Pembangunan," paparnya.


Lebih lanjut, Kajari mengatakan bahwa dalam pelaksanaan tugas, fungsi dan wewenang yang kita emban, haruslah disandarkan dengan keikhlasan pengabdian atas amanah yang diberikan. "Jangan kita bekerja demi berlomba untuk mengejar atau menggapai popularitas individu semata, dalam setiap penyelesaian tugas dan pencapaian prestasi, biarkan institusi populer dan semakin besar. Sedangkan kita individu semakin kecil, karena pada hakekatnya, bekerja dengan tujuan kepopuleran pribadi tidak akan meninggalkan Legacy positif," bebernya.


Sementara itu Ditempat yang sama Ketua MKGR Sumatera Utara sekaligus Anggota DPRD Provinsi terpilih Darma Putra Rangkuti S.Hut, MSi, yang akrab disapa bung DPR kepada awak Media binjailangkattoday.com mengucapkan selamat hari Bhakti Adhiyaksa ke-64 tahun, sekaligus menjelaskan sejarah Hari Bhakti Adhyaksa atau HUT Kejaksaan yang diperingati setiap tanggal 22 Juli berawal dari Pemerintahan Kerajaan Majapahit yang sudah memiliki sistem pengadilan dengan 'Dhyaksa' dan bertugas menangani masalah peradilan. Kemudian, istilah 'Dhyaksa' dikenal dengan sebutan 'Jaksa' sampai sekarang.

"Setelah kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, diiringi pula dengan pembentukan lembaga penegak hukum guna memastikan ketertiban umum. Pembentukan Kejaksaan Republik Indonesia tertuang pada Pasal II Aturan Peralihan Undang-undang Dasar (UUD) 1945, yang diperjelas Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 2 Tahun 1945. Kala itu, Jaksa Agung pertama Indonesia adalah Gatot Taroenamihardja," jelasnya.


Masih kata Bung DPR, melalui rapat kabinet pada 22 Juli 1960, Kejaksaan Indonesia kemudian menjadi departemen terpisah (mandiri) yang tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Presiden RI Nomor 204/1960 tertanggal 1 Agustus 1960. Lalu, disahkan menjadi UU No. 15 Tahun 1961 tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Kejaksaan Republik Indonesia. Hal tersebut yang menjadi alasan mengapa tanggal 22 Juli diperingati sebagai Hari Kejaksaan atau Hari Bhakti Adhyaksa. 

"Penetapan ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri/JA Nomor Org/A-51/1 tertanggal 2 Januari 1961. Selanjutnya pada masa Orde Baru, UU tentang Kejaksaan berubah menjadi UU Nomor 5 Tahun 1991 dan diperbarui pada era Reformasi melalui UU Nomor 16 Tahun 2004, di mana Kejaksaan disebut sebagai lembaga Pemerintahan yang melaksanakan kekuasaan negara di bidang penuntutan serta kewenangan lain," imbuhnya.


Hari Bhakti Adhyaksa sebagai apresiasi atas pengabdian atau bakti yang dilakukan oleh insan Adhyaksa, yaitu para anggota Kejaksaan Republik Indonesia. "Hingga kini setiap tanggal 22 Juli diperingati sebagai Hari Bhakti Adhyaksa atau HUT Kejaksaan RI," pungkasnya.


Tampak hadir pada kegiatan tersebut Wali Kota Binjai Drs H. Amir Hamzah M.AP., Kapolres Binjai AKBP Bambang C. Utomo S.H., SIK, MSi, / yang mewakili, Kepala BNNK Binjai Ucok Ferry M.H., Kalapas Binjai Theo Adrianus A.Md I.P., S.H., M.H., Danyon Raider 100/PS Letkol Agus Muchtadi Rangkuti S.E., M.IP., Dandim 0203/LKT Letkol Arh FX Ibnu Hardiyanto S.E., Ketua KPU Binjai Anton Indratno S.Ag., Ketua Bawaslu Binjai M. Yusuf Habibi S.Sos., Ketua TP. PKK Binjai Ny. Dra. Hj. Nurhayati Amir Hamzah, Insan Pers, Unsur Forkopimda kota Binjai, serta Tamu Undangan lainnya.

( Rangkuti-Red )


Keterangan Foto : Suasana meriah saat perayaan HUT Bhakti Adhiyaksa ke-64 oleh unsur Forkopimda kota Binjai yang dihadiri juga oleh Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Terpilih Darma Putra Rangkuti S.Hut, MSi, di Kantor Kejaksaan Negeri Binjai.

Posting Komentar

0 Komentar