HUT Pujakesuma Ke-44, Wali Kota : Saling Bergandeng Tangan Dukung Pembangunan Daerah


BINJAI, SUMUT | BINJAILANGKATTODAY.com

Wali Kota Binjai Drs. H. Amir Hamzah M.AP menghadiri HUT Pujakesuma Kota Binjai ke-44 sekaligus peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, di RM Pondok Punokawan, jalan Jendral Gatot Subroto, Kelurahan Limau Mungkur, Kecamatan Binjai Barat, Minggu (28/8). Acara ini diisi dengan pemotongan tumpeng, tausiyah, dan pemberian santunan kepada anak yatim dan kaum dhuafa sebanyak 19 orang, serta kepada 19 sesepuh Pujakesuma Kota Binjai.


"Selamat hari ulang tahun Pujakesuma ke-44, semoga paguyuban Pujakesuma ini semakin sukses dan menjadi teladan yang baik dan bermanfaat besar bagi kita semua," sebut Wali Kota Binjai dalam sambutannya. Ia menambahkan, sebagai paguyuban yang saling asah, asih, dan asuh, Pujakesuma diharapkan dapat menjadi motor penggerak dalam pemersatu etnis khususnya etnis Jawa di Provinsi Sumatera Utara.


"Saya harap kedepannya, Pujakesuma Kota Binjai untuk saling bergandeng tangan bersama pemerintah daerah, saling bahu membahu membangun kota ini menjadi daerah yang maju pembangunannya," ujarnya.


Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Amir Hamzah berpesan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriyah hendaknya dijadikan momentum untuk membersihkan hati, sucikan diri, perkuat ukhuwah islamiyah. "Semoga kita mampu meletakkan hijrah yang sebenarnya, kearah yang lebih baik pada tahun baru ini. Amiin yarobbal’alamin," tutupnya.


Ditempat yang sama, Ketua DPD Pujakesuma Kota Binjai Drs. Eka Edi Saputra, M.M menyampaikan bahwa Paguyuban Pujakesuma adalah paguyuban yang berdiri pada tanggal 10 Juli 1980, yang sebelumnya adalah sebuah sanggar dan perkumpulan seni dan budaya jawa yang bernama IKJ (Ikatan Kesenian Jawa). Dengan seiring perkembangan waktu, pada Tahun 1979-an IKJ diubah namanya menjadi Paguyuban Pujakesuma (Putera Jawa Kelahiran Sumatera), yang awalnya didirikan oleh Bapak Danu.

"Pujakesuma hampir ada di seluruh penjuru Indonesia, dengan semakin besarnya Pujakesuma, semoga dapat berkembang dan solid serta rukun dan damai, saling membantu terhadap sesama," ucapnya. Ia menambahkan, pada pelaksanaan HUT Pujakesuma ini juga dilaksanakan tradisi suroan yang tidak lepas dari kehidupan orang Jawa, kegiatan ini mendeskripsikan tentang hubungan manusia dengan alam, rasa syukur, dan tindakan spiritual masyarakat Jawa.


Turut hadir Ketua DPRD Kota Binjai, H. Noor Sri Syah Alam Putra S.T, Kapolres Kota Binjai AKBP Bambang Christanto Utomo S.H., S.I.K., M.Si, Ketua Paguyuban Putra Soli H. Sukarmi, Pengurus Joko Tingkir Dra. Sapihi, Ketua Panitia Surwanto, Dewan Seni Kota Binjai Wahyu Ismanto, Gemah Mahasiswa Kota Binjai Mas Riama, Forum Pembauran Kebangsaan Kota Binjai Sabar Hati Ndudu M.M, perwakilan Kodim 0203/Lkt, serta seluruh tamu undangan.

( Rangkuti-Red )

Keterangan Foto : Wali Kota Binjai hadiri HUT ke-44 Pujakesuma kota Binjai di Aula RM Punokawan Kota Binjai.

Posting Komentar

0 Komentar