Wali Kota Ajak Masyarakat Muhasabah Diri Pada Kegiatan Binjai Bersholawat


BINJAI, SUMUT | BINJAILANGKATTODAY.com

Suasana haru mewarnai peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1446 Hijriah bertajuk “Binjai Bersholawat” yang digelar di Lapangan Merdeka Kota Binjai, Sabtu (27/07/2024) malam. Pengajian ini dihadiri ribuan masyarakat kota Binjai, yang diramaikan dengan lantunan zikir dan shalawat.

"Atas nama Pemerintah Kota Binjai, saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan Gebyar Sholawat dalam rangka Tahun Baru Islam 1446 Hijriyah ini," ucap Wali Kota Binjai Drs. H. Amir Hamzah, M.AP mengawali sambutannya. "Kegiatan ini sebagai wujud kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW," ujarnya lagi.


Oleh sebab itu, Wali Kota Binjai mengajak seluruh elemen masyarakat agar meneladani akhlak Rasulullah dan bersama-sama melantunkan Sholawat. “Dengan berkumpulnya para masyaikh, para tokoh, dan elemen masyarakat pada momentum Binjai Bersholawat ini diharapkan meningkatkan kualitas kita dalam meneladani akhlak mulia dari baginda Nabi Muhammad SAW,” ungkapnya.


Dirinya berharap, kegiatan Binjai Bersholawat dapat menumbuhkan suasana religius di Kota Binjai, dalam berbagai aspek kehidupan sehingga tercipta semangat bergotong royong dalam pembangunan Kota Binjai.

“Melalui momentum ini, Pemerintah Kota Binjai, bersama seluruh elemen masyarakat hendaknya mengimplementasikan nilai-nilai sholawat, guna menciptakan kehidupan yang damai demi mewujudkan Kota Binjai yang Maju, Berbudaya, dan Religius," pungkasnya. 


"Jadikan juga Tahun Baru Hijriyah sebagai sarana untuk muhasabah atau menginstropeksi diri dalam melaksanakan kewajiban kepada Allah SWT, sesama manusia maupun kewajiban kepada makhluk Allah lainnya," pesannya lagi.


Pengajian ini menghadirkan penceramah dari  Pimpinan Majelis Madinatul Habib-Jakarta Al Habib Syaugi Bin Haydar Al Habsyi. Dalam tausiahnya, Ia menyampaikan akan pentingnya menjaga lisan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga tidak menyakiti orang lain. "Lisan adalah salah satu nikmat yang sering kita abaikan nilai kebesarannya. Padahal, lisan memiliki kekuatan yang luar biasa dalam membentuk kehidupan kita, baik di dunia maupun di akhirat," ucapnya.


Lebih lanjut, Ia menekankan, lisan seharusnya menjadi alat untuk menyebarkan kebaikan, memberikan nasehat yang baik, dan memberi dukungan kepada sesama. "Dengan menjaga lisan, kita terhindar melukai perasaan orang lain. Jangan menghakimi siapapun hanya karena mereka melakukan perbuatan dosa, yang kita sendiri tidak luput dari salah dan dosa. Siapa kita sehingga berwenang menilai dan menghakimi iman seseorang padahal Yang Maha Tahu isi hati kita dan kualitas keimanan kita hanyalah Allah. Dia-lah hakim yang sesungguhnya," ucap Al Habib Syaugi Bin Haydar Al Habsyi.


Ditempat yang sama Ketua Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) kota Binjai Asmuri Hafiz S.Pd.I., yang juga merupakan Pengasuh Pondok Pesantren An-Nadwa Binjai mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang telah meluangkan waktunya untuk dapat hadir guna mensyi'arkan Binjai Bersholawat dalam rangka Gebyar Muharram 1446 H. Meskipun kota Binjai diguyur hujan deras pada malam ini, akan tetapi masyarakat tetap bertahan untuk mengikuti pengajian sekaligus bersholawat sampai dengan acara selesai. "Ucapan terimakasih kepada Pemko Binjai yang sudah mempasilitasi terlaksananya acara tersebut. Subhanallah walaupun diguyur hujan, Alhamdulillah masyarakat masih tetap antusias mengikuti kegiatan Binjai Bersholawat, dengan harapan mudah-mudahan agenda rutin yang InshaAllah setiap tahun akan kita laksanakan dalam rangka Tahun Baru Islam, masyarakatnya semakin Taqwa, dan kota Binjai semakin Barokah," tutupnya.


Turut hadir pada kegiatan tersebut Al-Habib Ahmad bin Idrus Almadihij, Kyai Mufti Ahmad Nasihin, Ustad Ja'far Shagir, Prof. Dr. H. M. Jamil M.A., Kh Abdi Abdullah Az-Zubairy Harahap, Drs.Kh Nurbeintuah L.C., S.Pd.I, M.H., Kyai Muhtarom, Ustad Kemal, Kh Ahmad Hambali S.E., M.M., Unsur Forkopimda, Camat dan Lurah se-Kota Binjai.

( Rangkuti-Red )




Keterangan Foto : Walikota Binjai hadiri kegiatan Binjai Bersholawat di tanah Lapang Merdeka Kota Binjai jalan Veteran Kelurahan Tangsi Kecamatan Binjai Kota. Ribuan Masyarakat antusias hadir dan mengikuti kegiatan tersebut.

Posting Komentar

0 Komentar