Jaga Situasi Kamtibmas, Polres Binjai Melalui Blue Patrol Gelar Razia Skala Besar


Kota Binjai, SUMUT | BinjaiLangkatToday.com

Diwaktu kota Binjai baru saja selesai diguyur hujan, tidak mengahambat personil Polres Binjai untuk melaksanakan tugas yang telah diberikan walaupun dalam kondisi udara sangat dingin. Alasan mengapa personil Polres Binjai dikumpulkan pada dini hari, karena seperti yang tertuang dalam Surat Perintah Tugas (SPT) bahwa Polres Binjai akan mengerahkan sebanyak 102 personil serta gabungan dari SatPol PP kota Binjai dan Polisi Militer untuk melaksanakan kegiatan rutin seperti patroli maupun razia. Kegiatan tersebut berlangsung dihalaman Apel Polres Binjai, Jalan Sultan Hasanuddin, Kelurahan Satria, Kecamatan Binjai Kota (25/08/2024) Minggu dini hari.


Kegiatan patroli malam ini untuk membirukan kota binjai melalui Blue Patrol atau dikenal dengan patroli menggunakan kendaraan warna lampu biru. Razia skala besar kali ini dipimpin langsung oleh Kasubbagbinops Bagops AKP M Panggabean.


Kapolres Binjai AKBP Bambang C Utomo S.H.,S.I.K.,M.Si., melalui Kasubbagbinops Bagops AKP M. Panggabean berpesan dan meminta agar seluruh personil yang melaksanakan tugas tetap bersikap humanis, serta hindarkan sikap arogansi ketika berhadapan dengan masyrakat. "Utamakan Sikap Humanis dan jangan Arogan kepada masyarakat," ucapnya.


Dilapangan, personil Polres Binjai melaksanakan tugas sekaligus memeriksa kendaraan yang digunakan apabila dicurgiai akan kelangkapan dari identitas kendaraannya dengan memberikan sanksi ataupun dimintai keterangan serta turut merazia hotel dan kost-kostan. Dimulai dari razia geng motor sampai lokasi penginapan atau Hotel di jalan Medan – Binjai.

Ketika razia di Hotel, ditemukan puluhan pasangan di luar nikah. Mereka di amankan pihak Polres Binjai bersama Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Polisi Militer (POM). Para pasangan di luar nikah itu pun langsung di boyong ke Mapolres Binjai.


Pasangan yang terjaring dalam razia Hotel tersebut antara lain, berinisial FK (20) warga Jalan Dr. Wahidin – Binjai, EA (47) warga Jalan Candra Kirana – Binjai, RY (26) warga Jalan Abdul Hakim – Medan, GL (23) warga Jalan Harmonik Baru-Medan, AM (22) warga Jalan Telaga Sari-Medan, BK (25) warga Mabar-Stabat, TS (24) warga Tanjung Jati-Binjai, MD (19) warga Stabat, SP (50) warga Sei Semayang, SY (40) warga Sei Semayang, AG (21) warga Namutrasi, NS (21) warga Lubuk Pakam, KN (20) warga Kuala-Langkat. Selanjutnya, MA (19) warga Marelan, AR (25) warga Stabat, VWN (25) warga Stabat, EN (21) warga Medan, MW (18) warga Medan, MS (25) warga Binjai, IS (27) warga Binjai, SN (30) warga Langkat, HR (34) warga Langkat, SM (52) warga Medan, ER (40) warga Binjai dan BP (22) warga Binjai.


Pasangan bukan suami istri itu dikumpulkan di lapangan Polres Binjai, dan dilakukan pembinaan oleh Kanit Pidum Ipda Benjamin S Trk dan Kasat Narkoba AKP Syamsul Bahri S.E., M.H., dengan membuat pernyataan tidak akan melakukan perbuatan yang tercela itu lagi. "Benar ada puluhan pasangan muda-mudi di luar nikah kita temukan didalam kamar hotel, yang tidak bisa menunjukan bukti pasangan sah atau buku nikah," jelasnya.


Tidak hanya itu, sweeping Reskrim Pidum dan Reskrim Narkoba juga dilaksanakan, di lokasi tempat atau jalan yang di anggap rawan dari geng motor, serta antisipasi tawuran, maupun begal yang sangat meresahkan masyarakat selama ini. "Razia dan sweeping seperti ini diperintahkan oleh Kapolres Binjai, dan akan kami lakukan razia secara mendadak terus menerus di malam hari. Untuk memberikan rasa aman dan kenyamanan bagi masyarakat Kota Binjai, sehingga tidak ada lagi kejahatan seperti begal, geng motor yang meraja lela di Kota Binjai ini,” ungkapnya.


Razia ini dilakukan karena banyaknya laporan dari masyarakat terkait perbuatan maksiat di Hotel sepanjang jalan Medan-Binjai, dan maraknya aksi begal yang belakangan ini sering terjadi. Pelaksanaan kegiatan ini pun berjalan dengan lancar, sehingga situasi diwilayah hukum Polres Binjai dalam keadaan aman dan kondusif.

( Rangkuti-Red )


Keterangan Foto : Polres Binjai melaksanakan kegiatan Blue Patrol atau dikenal dengan Patroli menggunakan kendaraan lampu warna biru, bersama dengan Polisi Militer (POM) dan Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (SatPol PP) di wilayah hukum Polres Binjai. Dalam razia skala besar tersebut, terjaring puluhan pasangan di luar nikah dan langsung dibawa petugas ke Mapolres Binjai untuk dimintai keterangan.

Posting Komentar

0 Komentar