Pemeriksaan Kesehatan Paslon, Bawaslu Binjai Awasi Dengan Melekat


Kota Binjai, SUMUT | BinjaiLangkatToday.com

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Binjai melakukan pengawasan melekat terhadap proses pemeriksaan kesehatan ke Empat (4) Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Wali Kota dan Wakil Walikota Binjai yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Rumah Sakit Haji Medan, jalan Rumah Sakit Haji Nomor 147, Kelurahan Kenangan Baru, Kecamatan Percut Sei Tuan, Minggu 01/09/2024.


Empat bapaslon baik Wali Kota dan Wakil Wali Kota Binjai yang menjalani tes kesehatan tersebut, yakni Amir Hamzah dan Hasanul Jihadi, Zainuddin Purba dan Hendro Susanto. Selanjutnya, Tengku Rizky Alisyahbana dan Aulia Hardi, serta Dokter Donal Anjar Simanjuntak dan Muhammad Andri Alfisah.


Tes kesehatan ini berlangsung satu harian penuh, dimulai dari pukul 08.00 WIB (pagi) sampai dengan selesai dan di perkirakan lamanya durasi waktu tes pemeriksaan kesehatan dari 7 sampai 8 jam.


Ketua Bawaslu Kota Binjai Muhammad Yusuf Habibi S.Sos., didampingi Komisioner Bawaslu lainnya Fadhil Azhar SP dan Julkipli M.Pd., menyampaikan, tahapan tes kesehatan ini menjadi atensi khusus pihaknya.


Dimana Bawaslu langsung melakukan pengawasan ke RS Haji Medan maupun lokasi yang menjadi rangkaian tempat pemeriksaan kesehatan.

"Setiap tahapan Pilkada ini akan kami awasi, baik itu tahapan pendaftaran maupun pada saat bapaslon jalani pemeriksaan kesehatan," ujarnya.

Habibi juga menambahkan, "Sebagai informasi, Tahapan Pemeriksaan Kesehatan yang akan dilalui oleh Bakal Pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Binjai tersebut meliputi tiga aspek utama, yaitu pemeriksaan fisik, kejiwaan, dan tes bebas penggunaan narkotika. Setiap bakal calon diwajibkan menjalani serangkaian tes kesehatan di Rumah Sakit yang telah ditunjuk, dalam hal ini KPU Kota Binjai menunjuk Rumah Sakit Haji Medan," jelas Habibi.


Dalam hal ini, harapan kami semoga tes kesehatan bapaslon dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai relugasi yang sudah di atur, baik itu secara undang PKPU atau Perbawaslu. "Sedangkan untuk Pemeriksaan Kesehatan ini dilakukan dengan melibatkan tim medis yang profesional, kompeten dan independen," pungkas Habibi.

Tampak hadir pada kegiatan Konferensi Pers sebelum Pemeriksaan Kesehatan dimulai Ketua KPU Kota Binjai, Anton Indratno S.Ag., Wadir Pelayanan Medik RS. Haji Medan dr. Yulinda Elvi Nasution M.Kes., Ketua Bawaslu Binjai Muhammad Yusuf Habibi S.Sos., Kapolres Binjai yang diwakili oleh Kanit Politik SatIntelkam Polres Binjai IPDA Syahrudin Batubara, Kepala BNNK Binjai Ucok Ferry M.H., Sekretaris KPU Kota Binjai Syaiful Azhar S.Sos., M.I.P., Komisioner KPU Binjai Divisi Hukum dan Pengawasan Arifin Saleh S.H., M.H., Komisioner KPU Binjai Divisi Rendatin Perencanaan dan Data Ahmad Amri Siregar S.Pd.I., Komisioner KPU Binjai Divisi SDM Parmas Arie Nurwanto S.H., M.H., Komisioner KPU Binjai Divisi Teknis Hendri Nauli Rambe S.H.I., M.H., Komisioner Bawaslu Binjai Fadhil Azhar S.P., Komisioner Bawaslu Binjai Julkipli M.Pd., Insan Pers, Ketua Panitia Pemeriksaan Kesehatan Drg. Fitrady Ulianda Siregar M.Kes., dan para Staf KPU Binjai, serta Staf Bawaslu Binjai. 

( Rangkuti - Red )


Keterangan Foto : Komisioner Bawaslu Binjai melaksanakan pengawasan ketat terhadap proses pemeriksaan kesehatan pasangan calon Wali kota dan Wakil Wali kota Binjai di RS. Haji Medan. 

Posting Komentar

0 Komentar