Simulasi Sistem Pengamanan Kota, Kolaborasi dan Komitmen Wujudkan Keamanan Pilkada 2024


Kota Binjai, SUMUT | BinjaiLangkatToday.com

Polres Binjai menggelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota (SISPAMKOTA) Operasi Mantap Praja Toba 2024 yang berlangsung di depan Pendopo Umar Baki, Jumat (16/8). Simulasi ini diadakan oleh Polres Binjai sebagai persiapan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2024, dengan harapan terciptanya pilkada 2024 yang aman, damai, dan sejuk di Kota Binjai.


Simulasi diawali dengan apel yang dipimpin oleh Wakapolres Binjai, Kompol RD. Firman D, S.H, M.H. Dalam arahannya, ia menyampaikan kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih keterampilan dan kesiap - siagaan petugas di lapangan yang mengamankan jalannya Pilkada 2024 di wilayah Kota Binjai.

”Dalam menghadapi situasi seperti Pilkada 2024, kita harus siap menghadapi dan mengamankan jalannya pesta demokrasi dengan baik. Diperlukan kesiapan, pemahaman dan sinergitas antara pimpinan, pelaksana, dan stake holder yang lain dalam melaksanakan pengamanan,” tuturnya.


"Apabila terjadi gangguan keamanan yang tidak diinginkan, maka disini gunanya latihan kembali untuk petugas, guna mengasah keterampilan, kemampuan dalam melaksanakan tugas, dan semoga Pilkada 2024 di wilayah Kota Binjai aman damai dan sejuk,” lanjutnya.


Lebih lanjut, Wakapolres Binjai menyampaikan, untuk mewujudkan kesiapan dan profesionalisme personil maka diperlukan latihan, salah satunya adalah Sistem Pengamanan Kota (SISPAM), yang merupakan bentuk latihan ketika situasi keamanan di Kota Binjai menjadi tidak kondusif (anarkis massa), dampak dari Pilkada 2024 maka diperlukan penanganan yang sesuai dengan Undang-undang dan protap yang berlaku.

Pemerintah Kota Binjai memberikan apresiasi kepada Polres Binjai dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) atas suksesnya penyelenggaraan simulasi.


Hadir dalam giat tersebut Ketua Bawaslu Kota Binjai M. Yusuf Habibi, S.Sos., Ketua KPU Kota Binjai Anton Indratno, S.Ag., Plt. Sekretaris BPBD Kota Binjai Yanes Dustira Nainggolan, S.STP., Kepala Bidang lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Binjai Arif Budiman Sihotang S.STP., M.H., Kabid Penegak Perda Luber Simamora, S.H, M.H, serta para personel Polres Binjai.
( Rangkuti-Red )

Keterangan Foto : Polres Binjai menggelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota (SISPAMKOTA) Operasi Mantap Praja Toba 2024 yang berlangsung di depan Pendopo Umar Baki. Simulasi ini diadakan oleh Polres Binjai sebagai persiapan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2024, dengan harapan terciptanya pilkada 2024 yang aman, damai, dan sejuk di Kota Binjai.

Posting Komentar

0 Komentar