Wujudkan Pilkada Damai, Bawaslu Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif


Kota Binjai, SUMUT | BinjaiLangkatToday.com

Demi mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2025 yang damai serta kondusif Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Binjai menggelar kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif dengan mengambil tema "Mewujudkan Demokrasi Yang Berkualitas Tanpa Politisasi SARA Dalam Rangka Pilkada Kota Binjai 2024" bertempat di Hotel Graha Kardopa, jalan Sultan Hasanuddin, Kelurahan Kartini, Kecamatan Binjai Kota, Rabu 7/8/2024, pagi.

Kegiatan Sosialisasi dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, menyanyikan lagu Mars Bawaslu serta selanjutnya doa bersama. Mewakili Ketua Bawaslu Kota Binjai Muhammad Yusuf Habibi, S.Sos., Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Fadhil Ahar, SP membuka acara sosialisasi yang juga turut dihadiri perwakilan Polres Binjai, Kodim 0203/Lkt, Ketua KPU Kota Binjai Anton Idratno, Perwakilan PD IWO Kota Binjai, perwakilan PWI Binjai, Aktivis Mahasiswa (GMNI, HIMMAH,IMBI SU), Pemantau pemilu, serta perwakilan Ormas.


Di acara itu menghadirkan narasumber Pemerhati Pemilu asal Kota Binjai, Tri Heru Wardoyo dengan menyajikan materi peran masyarakat dalam pengawasan Pemilu 2024.

Dalam sambutannya Tri Heru mengatakan, Kegiatan ini untuk mengantisipasi penyebaran hoaks, politik SARA dan politik identitas di masyarakat jelang Pemilu 2024 di Binjai.

"Karena  ini merupakan potensi yang sangat mungkin dan peluangnya besar untuk terjadi," kata Heru.

Lebih lanjut, Tri Heru mengingatkan kepada peserta yang hadir untuk menghindari segala bentuk pelanggaran Pemilu, terutama politik uang dan Politisasi SARA yang dapat menyebabkan disintegrasi masyarakat. Tri Heru  berharap, moderasi dalam berpolitik dan beragama dapat berjalan beriringan untuk mencipatakan iklim pemilu yang sehat dan kondusif," tutup Heru.


Di akhir acara dilaksanakan pembacaan Naskah Deklarasi damai yang di ikuti seluruh peserta yang hadir dan sesi foto bersama.

( Rangkuti-Red )


Keterangan Foto :

Bawaslu kota Binjai melaksanakan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif guna Pilkada 2024 damai dan kondusif. Di Hotel Graha Kardova Kota Binjai, jalan Sultan Hasanuddin, Kelurahan Kartini, Kecamatan Binjai Kota.

Posting Komentar

0 Komentar