Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri 2024, Plt Wali Kota Binjai : Resolusi Jihad Yang Berisi Seruan Untuk Berjihad Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia


Kota Binjai, SUMUT | BinjaiLangkatToday.com

Upacara Peringatan Hari Santri 2024 digelar di Lapangan Merdeka Kota Binjai. Upacara dipimpin Plt. Wali Kota Binjai H. Rizky Yunanda Sitepu, S.TP., M.P., dan dihadiri oleh Forkopimda Kota Binjai, Sekdako Binjai H. Irwansyah Nasution, S.Sos., Kakan Kemenag Kota Binjai Dr. H. Mustapid, M.A., Ketua PCNU Kota Binjai Asmuri Hafidz, S.Pd.I., para Staf Ahli Wali Kota Binjai, para Asisten Setdako Binjai, para Pimpinan OPD Kota Binjai, para Camat dan Lurah se-Kota Binjai serta para tamu undangan lainnya. Selasa, (22/10/2024) pagi. 



Dalam sambutannya, Plt. Wali Kota Binjai Rizky 
Yunanda Sitepu membacakan pesan dari Menteri Agama RI yang menekankan pentingnya peran santri dalam sejarah perjuangan bangsa. Hari Santri, merujuk pada peristiwa Resolusi Jihad yang berisi seruan untuk berjihad mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Peristiwa Resolusi Jihad pada 22 Oktober 1945 tidak bisa dipisahkan dari peristiwa 10 November 1945. Tanpa Resolusi Jihad, belum tentu terjadi peristiwa 10 November,” ungkapnya.



Hari Santri tahun 2024 mengambil tema 'Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan', sebuah penegasan bahwa santri masa kini memiliki tugas untuk meneruskan perjuangan para pendahulu yang telah berjuang tanpa kenal lelah demi kemerdekaan dan keutuhan bangsa. “Jika para pendahulu berjuang melawan penjajah dengan angkat senjata, maka santri saat ini berjuang melawan kebodohan dan kemunduran dengan angkat pena,” katanya.



Melalui peringatan ini, Plt. Wali Kota Binjai juga menekankan bahwa Hari Santri bukan hanya milik santri atau pesantren, tetapi milik seluruh elemen bangsa yang mencintai negara. “Saya mengajak seluruh komponen bangsa, apapun latar belakangnya, untuk turut serta merayakan Hari Santri ini,” ujarnya.


Di akhir sambutannya, Ia berpesan kepada para santri agar terus semangat dalam menimba ilmu dan berinovasi demi masa depan Indonesia yang lebih baik.
“Rengkuhlah masa depan dengan semangat dan ketekunan. Kuasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Teruslah berinovasi dan berkontribusi untuk meraih kegemilangan masa depan Indonesia,” ungkapnya.

( Rangkuti - Red )




Keterangan Foto : Plt Wali Kota Binjai H. Rizky Yunanda Sitepu S.TP., M.P., memimpin Upacara Hari Santri 2024 di lapangan Merdeka kota Binjai. 

Posting Komentar

0 Komentar