Tingkatkan Optimalisasi Proses Pembangunan Tangki Septik Individual, Pemko Binjai Bersama USAID IUWASH Tangguh Gelar Pelatihan Pembangunan SPALD-S


KotaBinjai,SUMUT|BinjaiLangkatToday.com

Guna meningkatkan optimalisasi proses pembangunan tangki septik individual, Pemerintah Kota Binjai bekerjasama dengan USAID IUWASH Tangguh memfasilitasi pelatihan untuk bagi para tukang dan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang akan terlibat dalam pembangunan fasilitas Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Setempat (SPALD-S) di Kota Binjai, Rabu (16/10).

Pelaksanaan Pelatihan ini diselenggarakan selama dua (2) hari pada tanggal 15 dan 16 Oktober 2024. Kegiatan ini diikuti oleh dua puluh anggota dari KSM di Kelurahan Tanah Merah, Kelurahan Timbang Langkat, Kelurahan Sumber Mulyo Rejo, Kelurahan Rambung Dalam, Kelurahan Tanah Seribu, Kelurahan Puji Dadi, Kelurahan Binjai Estate, Kelurahan Rambung Barat, Kelurahan Berngam, Kelurahan Setia, Kelurahan Tunggorono, Kelurahan Limau Sundai, Kelurahan Payaroba, Kelurahan Suka Maju, dan Kelurahan Suka Ramai. 



Untuk diketahui, pada tahun 2024, sebanyak 560 unit tangki septik individual yang kedap telah dibangun, yang tersebar di 8 kelurahan. Dan pada tahun 2025 telah diusulkan pembangunan tangki septik individual di 14 kelurahan yang sedang dalam proses pengajuan DAK.

Lebih lanjut, kegiatan ini bertujuan agar peserta pelatihan dapat menginformasikan kepada penerima manfaat untuk dapat melakukan perawatan dan pengoperasian sarana yang terbangun agar dapat berfungsi dengan baik dan berkelanjutan. 


Turut hadir perwakilan USAID IUWASH Provsu Imam Munandar, City Fasilitator Ibu Rina, Ibu Deni, Sekretaris PUPR Kota Binjai Zulfan, S.T., M.M., serta para peserta pelatihan.

( Rangkuti - Red )




Keterangan Foto : Pemerintah Kota Binjai bekerjasama dengan USAID IUWASH Tangguh memfasilitasi pelatihan untuk bagi para tukang dan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang akan terlibat dalam pembangunan fasilitas Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Setempat (SPALD-S) di Kota Binjai. 

Posting Komentar

0 Komentar